Wednesday, April 10, 2013

Tempat melahirkan normal di Bandung


Sangat banyak tempat melahirkan di Bandung yang menjadi alternatif bagi ibu-ibu hami. Baik di Rumah sakit, puskesmas, klinik bersalin, praktek bidan, ataupun melalui bantuan tenaga terlatih secara tradisional lainnya. Namun tempat ini kami rekomendasikan untuk kawan-kawan yang ingin melahirkan normal dengan keakraban yang mereka miliki serta kenyamanan psikologi bagi wanita yang melahirkan.


Setelah melakukan survey tempat melahirkan di Bandung, berdasarkan pengalaman yang kami temui, ketika kelahiran putra kami, Arvand Putra Febrian, kami merekomendasikan tempat melahirkan di Bandung di bidan Sri Sumarni Amd Keb. Beralamat di Jl Tubagus Ismail V no 70/157D, RT 01 RW 09, Dago Bandung. Telp 022 2503715.

Berikut beberapa alasannya kami memutuskan untuk merekomendasikan tempat ini, berdasarkan pengalaman yang telah kami temui. Termasuk beberapa gambaran tentang tempat dan pelayanan yang mereka berikan kepada kami.

SURVEY PELAYANAN

Sebagai persiapan, kami melakukan survey tempat melahirkan di Bandung. Kami mendatangi tempat ini, waktu itu kami dilayani oleh Teh Dinda (Bidan), beliau masih muda berumur sekitar 24 tahun, namun terlihat dewasa dalam melayani, mungkin karena punya pengalaman sebelumnya melayani, karena ibunya juga bidan di tempat lain. Kami menyatakan niat, bahwa istri saya ada kemungkinan untuk melahirkan di sini.

Tentang jumlah ibu melahirkan normal di sini, mereka menyebutkan bahwa hampir semua ibu yang melahirkan di tempat ini melahirkan secara normal. Kecuali untuk kasus-kasus tertentu yang tidak dapat ditangani oleh Bidan, mereka akan merekomendasikan ke rumah sakit. Bahkan kami sempat mendengarkan, hanya satu dari dua ratus ibu yang melahirkan dengan cara digunting di sini.

Menariknya, dari tempat melahirkan di bidan lain, kami sempat mendengarkan statement, "Bu, hampir semua wanita yang melahirkan pertama kali, dilakukan proses melahirkan dengan digunting, karena pintunya belum terbuka, tidak seperti halnya ibu yang melahirkan kedua, ketiga dan seterusnya". Tentu saja istri saya langsung mem-blacklist tempat tersebut, hehehe...

KONTROL KEHAMILAN

Pada saat melakukan kontrol kehamilan, atau konsultasi kehamilan di Bandung, kami melakukan kombinasi antara periksa kehamilan dengan dokter dan periksa kehamilan ke bidan ini.

Menariknya, waktu membayar biaya kontrol kehamilan, kami sempat terkejut juga, mereka menyebutkan angka 27. istri saya memastikan, 270 ribu bu? kata istri saya. Owh, bukan, 27 ribu. Angka itu sudah termasuk obat, pemeriksaan dan biaya konsultasi, hehehe....

SAAT AKAN MELAHIRKAN

Ketika mulai terlihat tanda-tanda melahirkan, kami pun mendatangi tempat ini. Kami waktu itu dilayani oleh Ibu Sri. Pelayanan beliau seperti ibu kepada anak. Sehingga istri saya terlihat seperti sedang berbincang-bincang dengan 'ibunya'. Curhat, atau mungkin bercerita banyak tentang hal-hal mengenai persalinan ini. Ibu Sri berumur sekitar 63 tahun. Berbicara cukup lembut.

Sambil menunggu proses kelahiran, bahkan dia pernah sambil mengelus-ngelus punggung pasiennya supaya merasa nyaman, meskipun bu Sri sambil terkantuk mungkin karena waktu persalinan yang masih lama. Sepertinya itu dilakukannya dari hati.


SAAT MELAHIRKAN

Kami diberikan kebebasan untuk mendampingi istri saya mendampingi proses melahirkan tersebut. Termasuk mama dari Istri, dan juga bu Yanti (salah satu staff kami di jacktour.com Bandung). Tentu saja ini menimbulkan rasa nyaman tersendiri bagi istri saya.

Melahirkan Normal

Proses melahirkan dilaksanakan dengan cukup hati-hati dan membimbing istri saya dengan sabar. Hingga Bayi dilahirkan.

Melahirkan normal, memotong tali pusar
Pada saat proses melahirkan, ibu Sri membimbing istri saya seperti berbicara kepada anaknya. Rasa nyaman inilah salah satu yang mungkin diperlukan oleh seorang ibu pada saat melahirkan.

Inisiasi Menyusui Dini untuk bayi baru lahir
Setelah proses melahirkan, beliau membersihkan bayi, memotong tali pusar bayi, membimbing istri untuk melakukan proses inisiasi menyusui dini bayi.

Beliaupun mengingatkan saya untuk mengumandangkan azan dan qomat ke telinga bayi.


Setelah persalinan selesai, bayi dibungkus (kecuali bagian wajah), dan istripun berjalan pindah ke tempat tidur yang lain untuk beristirahat sejenak sambil merebahkan badan dan melihat-lihat sang bayi di sampingnya.

SETELAH MELAHIRKAN

Bayi baru lahir
Waktu untuk tinggal di sana setelah melahirkan normal, biasanya adalah selama 6 jam.Enam jam setelah proses melahirkan selesai dilaksanakan, pasiennya pun diperbolehkan pulang. Mm... cukup cepat juga, kecuali untuk bagi yang melahirkan sore, karena tengah malam, mereka menyarankan untuk pulang paginya. waktu 6 jam ini digunakan untuk controlling sang ibu dan bayi, termasuk melancarkan asi yang diberikan ibu kepada sang bayi.

Setelah melahirkan, kami pun membayar biaya melahirkan normal kepada mereka. Termasuk bantuan untuk mengurus akte kelahiran di Bandung yang juga dapat mereka layani.

LOKASI DAN SITUASI TEMPAT

Seperti halnya tempat melahirkan di Bandung lainnya, Situasi di tempat ibu Sri dapat digambarkan berdasarkan kondisi saat kami alami pada waktu itu. Diantaranya adalah sebagai berikut.


View Bidan Sri Mulyani in a larger map

Lokasinya terletak di salah satu gang pada jalan Tubagus Ismail V Bandung. Saya kira, banyak orang yang tau mengenai tempat ini, karena hampir setiap sore kami di sana, baik saat survey, controlling rutin, maupun saat proses melahirkan, tempat ini cukup banyak dikunjungi ibu-ibu hamil maupun mereka yang telah melahirkan.

Permasalahan yang kami temukan adalah mengenai tempat parkir mobil, karena harus diparkir di pinggir jalan. Sehingga saya waktu itu merencakanakan driver kami hanya untuk ngedrop kami saja di sana pada saat melahirkan.

Rumah ibu ini cukup sederhana, terdapat ruang tunggu di luar di pinggir gang yang langsung berhadapan dengan gang, disediakan dua kursi panjang. Kemudian di dalamnya ada ruang tamu untuk ruang tunggu pasien yang controlling ataupun menunggu antrian dengan fasilitas sofa biasa. Kemudian terdapat juga ruang lainnya untuk konsultasi, proses melahirkan, dan ruang pasca melahirkan, semuanya sebanyak 4 bed.

Meskipun tempat ini cukup sederhana, kami sangat puas dengan pelayanan mereka, terutama dengan terlihat kepuasan istri saya pada saat pulang dari sana ketika selesai melahirkan. Tempat parkir, dan fasilitas lainnya menjadi nomor dua bagi kami. Kenyamanan dan rasa hommy yang kami dapatkan melalui mereka cukup bagi kami.

Terima kasih kepada ibu Sri dan rekan-rekan yang melayani kami selama di sana.

2 comments:

  1. Mas kalo boleh tau biaya melahirkan brapa ya disana ? Apakah sudah sama akte kelahiran .

    ReplyDelete
  2. Anonymous3:48 PM

    Tahun 2013 bulan april anak kedua saya lahir disana juga. Biaya waktu itu, sekitar, 1,1jt sudah sama kk dan akte kelahiran.

    ReplyDelete