Monday, April 15, 2013

8 Tanda Ciri Melahirkan Sudah Dekat


Pertanyaan tanda ciri melahirkan sudah dekat menjadi hal penting untuk diketahui para wanita hamil, terutama waktunya sudah mulai mendekati tanggal perkiraan. Dengan hal demikian, dapat diketahui kapan seorang ibu hamil perlu segera pergi ke tempat melahirkan yang direncanakannya. Berikut kami sampaikan 8 tanda atau ciri melahirkan sudah dekat.


Berdasarkan pengalaman atas kelahiran anak kami Arvand Putra Febrian, berikut kami sampaikan beberapa catatan kecil tentang hal tanda-tanda melahirkan sudah dekat. Informasi ini kami kumpulkan berdasarkan hasil konsultasi kehamilan dengan dokter, bidan, bacaan, maupun dengan diskusi informal lainnya.

1. Kepala bayi mulai kebawah
hal ini dapat dirasakan ibu, dengan mulai kosongnya bagian atas perut ibu. Artinya sang bayi sudah mulai turun ke mulut rahim.

Flek pada celana tanda akan melahirkan

2. Munculnya Flek darah pada celana
Flek darah, yang dimulai dengan warna coklat muda, kemudian coklat, atau bahkan selanjutnya menjadi merah. Berdasarkan pengalaman, tanda ini muncul satu hari atau beberapa hari sebelum kelahiran bayi.

3. Terjadinya kontraksi setiap 10 menit
Kontraksi menjelang hari-hari kelahiran, dapat terjadi persekian jam lalu semakin cepat seperti persetengah jam sekali. Jika sudah mencapai masa hingga dibawah 10 menit, disarankan untuk segera datang ke tempat melahirkan yang direncakan atau tempat terdekat.

4. Air ketuban pecah
Ciri ini terasa biasanya seperti pipis atau buang air yang tidak terkendali.

5. Rahim telah keadaan membuka
Artinya kepala bayi sudah berada di pintu rahim.

6. Sering buang air
Sering buang air terjadi, sepertinya karena kantong pipis tertekan karena posisi bayi sudah berada di mulut rahim.

7. Dinding perut sering mengeras
Biasanya kondisi ini terjadi beriringan dengan rasa mulas yang dirasakan oleh ibu hamil.

8. Mulas seperti buang air besar
Rasa ingin buang air mulai terasa pada saat mulas. Jika hal ini terjadi dapat diperkirakan kelahiran akan terjadi dalam hitungan menit, atau kurang dari satu jam.

Jika anda mulai merasakan hal-hal tersebut, sebaiknya bersiap, atau bahkan segera menuju ke tempat melahirkan yang direncanakan. Dan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut kami sarankan untuk sering konsultasi kehamilan baik melalui dokter, bidan, atau tenaga medis lainnya. Dan, jangan lupa persiapkan biaya melahirkan anda :)

Berdasarkan pengalaman, proses melahirkan normal telah dilalui pada saat kelahiran anak kami Arvand Putra Febrian pada tanggal 09 April 2013 lalu. Bagi anda yang ingin memilih melahirkan secara sesar atau normal, ada baiknya matangkan pilihan anda melalui artikel "melahirkan normal vs sesar?"

Bagi yang sedang menunggu kelahiran, kami doakan kelahiran lancar, ibu bayi sehat, dan banyak kemudahan dalam prosesnya. Amien....

3 comments:

  1. Nice inpo gan ,sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Anonymous9:19 AM

    Sip...tks

    ReplyDelete
  3. Anonymous6:09 PM

    Sehari lgi menjelang hpl tp blm ada tanda2 atau kontraksi :(

    ReplyDelete