Tuesday, January 26, 2010

Tips Bertransaksi dengan ATM

Mudah2an info berikut bisa lbh mengamankan kita dalam bertransaksi menggunakan ATM, dan selamat beraktifitas :)

1. Pilih nomor PIN yang unik dan sulit bagi orang lain untuk menebak. Jangan mengasosiasikan PIN Anda dengan sesuatu yang bersifat pribadi seperti ulang tahun, nomor telepon atau nomor bersejarah lainnya menurut anda.

2. Ganti nomor PIN Anda secara berkala. Nomor PIN Anda harus dirahasiakan, menghafal dan tidak tercatat di mana saja.

3. Bank Anda tidak akan pernah meminta Anda untuk membuka nomor PIN Anda kepada siapa pun

4. Hindari menggunakan ATM di daerah terpencil / daerah yang tidak dilindungi dan menghindari ATM berdekatan dengan jelas tempat-tempat persembunyian.

5. Periksa saldo account Anda dan pernyataan secara teratur untuk memastikan bahwa account Anda belum diakses oleh orang lain dan untuk mengidentifikasi transaksi yang tidak biasa. Jika Anda ingin diingatkan Anda setiap kali terjadi transaksi pada account / Kartu Kredit anda, anda dapat mendaftar untuk layanan SMS Banking yang disediakan oleh berbagai bank saat ini di Indonesia. Sehingga jika terjadi transaksi anda akan diberitahukan melalui SMS tersebut.

6. Hati-hati ketika orang-orang anda tidak tahu menawarkan untuk membantu Anda di ATM.

7. Jika anda melihat sesuatu yang mencurigakan di ATM Anda ingin menggunakan gangguan misalnya dengan slot kartu / nomor pad atau kegiatan yang mencurigakan di sekitar daerah ATM, jangan gunakan ATM dan melaporkan kekhawatiran Anda kepada Bank segera.

8. Jangan memaksa kartu Anda ke dalam slot kartu atau jika Anda merasa bahwa mesin ATM tidak berfungsi sebagaimana mestinya karena alasan apapun, tekan tombol "Batal", ambil kartu Anda dan melaporkannya kepada Bank.

9. Jika kartu Anda hilang, ditangkap atau terjebak dalam ATM, melaporkannya kepada Bank untuk memblokir kartu anda segera.

10. Simpan kartu Anda di tempat yang aman / dengan Anda dan tidak meminjamkan kepada siapa pun.

11. Pastikan Anda mendapatkan kartu kembali setelah setiap transaksi & hanya menggunakannya di ATM / Point of Sale (POS) mesin di lokasi umum seperti supermarket dll.

12. Bila menggunakan drive up ATM menjaga pintu-pintu terkunci dan penumpang samping dan belakang jendela ke atas. Sehingga aman dalam pengentrian PIN anda.

13. Jack Febrian Sewaktu menggunakan kartu Anda di POS, sangat disarankan bahwa pedagang yang menyediakan layanan pembayaran melalui swipes berada di hadapan Anda.

14. Tutup sedemikian rupa gerakan penekanan tombol PIN yang anda lakukan dari mata dan 'mata' yang mungkin ada di samping anda.

15. Sebaiknya melakukan transaksi ATM di lokasi bank tersebut, dibandingkan pada mesin ATM yang terletak pada daerah umum lainnya yang tidak terjamin keamanannya.

No comments:

Post a Comment