Saturday, September 29, 2007

Keindahan Langit melalui Google Earth

Keindahan langit yang selama ini kita lihat dengan mata telanjang, tentu membuat kita kagum dengan kehebatan Sang Pencipta. Betapa luasnya belantara galaxi. Bagaimana kita bisa menelusuri cakarawala tersebut? sehingga bukti nyata planet-planet yang ada di sana dapat kita lihat bersama.
Dengan memiliki keterbatasan pandangan melalui pandangan mata telanjang tersebut, maupun dengan bantuan teleskop yang dimiliki oleh sebagian pengagum alam, maupun bagi peneliti, dibuat dunia terhenyak, ketika Google dengan Google Earth 4.2-nya dengan kemampuan menampakkan keindahan langit. Google hadir melalui Gootle Earth with Sky.
Hasilnya? Sangat menakjubkan. Betapa tidak, hasil gambar yang dihasilkan memang luar biasa. Berkat kerjasama dengan NASA, kekayaan informasi yang dimilikinya dapat kita lihat secara gratis melalui perangkat lunak yang disediakan oleh Google tersebut.
Bagi anda yang tertarik, bisa mendowload software ini di http://earth.google.com/
Gambar yang mereka munculkan merupakan hasil dari suatu studi yang dilakukan para ahli astromomi di National Optical Astronomy Observatory (NOAO). Mereka menyebutnya studi ini dengan nama Magellanic Cloud Emission Line Survey (MCELS), yang fokus kepada hasil pemantauan terhadap galaxy yang ditangkap dari pandangan mereka dengan berbagai perangkat canggih untuk mendapatkan hasil pemotretan peristiwa dan gambar dari berbagai galaxi tersebut.

No comments:

Post a Comment